Apa Itu Visi dan Misi? Simak Definisi Lengkapnya

Yuk cari tahu apa itu visi dan misi dalam artikel berikut ini

Apa itu Visi dan Misi

Visi dan misi merupakan konsep yang sering digunakan dalam sebuah organisasi. Hal ini sering kali dicapai ketika membentuk rencana organisasi untuk masa depan. Namun, tidak sedikit orang yang bingung mengenai perbedaan antara kedua konsep ini. Di sini, kita akan mencoba menguraikannya dengan sederhana.

Apa Itu Visi dan Misi? Simak Definisi Lengkapnya

Pengertian Visi

Visi dapat didefinisikan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi. Hal ini dapat berupa impian, harapan atau tujuan yang ingin dicapai. Visi dapat berubah-ubah sesuai dengan perkembangan waktu dan lingkungan. Namun, setelah didefinisikan, visi dapat menjadi petunjuk dan pengingat bagi semua anggota organisasi dalam melakukan keputusan dan tindakan.

Pengertian Misi

Misi, secara umum, dapat didefinisikan sebagai tindakan atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan atau visi. Hal ini dapat berupa strategi, program atau rencana yang dijalankan oleh sebuah organisasi. Misi dapat dirancang secara spesifik dan terukur, serta dapat dirinci menjadi tujuan-tujuan tertentu. Misi dapat dirubah sesuai dengan perkembangan situasi dan kebutuhan organisasi. Namun, setelah didefinisikan, misi dapat menjadi petunjuk dan arahan bagi semua anggota organisasi dalam melakukan keputusan dan tindakan.

Perbedaan Antara Visi dan Misi

Perbedaan utama antara visi dan misi adalah tingkatan abstraksi. Visi lebih abstrak dan mengarah ke masa depan, sedangkan misi lebih konkret dan mengarah ke tindakan saat ini. Visi menggambarkan apa yang ingin dicapai, sedangkan misi menggambarkan bagaimana mencapai apa yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran besar tentang tujuan organisasi, sedangkan misi memberikan langkah-langkah yang lebih spesifik dalam mencapai tujuan tersebut.

Kesimpulan

Visi dan misi merupakan dua konsep yang penting dalam sebuah organisasi. Visi dapat membantu mengarahkan tindakan organisasi, sementara misi dapat memberikan langkah-langkah spesifik untuk mencapai tujuan. Perbedaan utama antara kedua konsep ini adalah tingkatan abstraksi dan fokus yang berbeda. Visi lebih mengarah ke masa depan dan lebih abstrak, sedangkan misi lebih konkret dan mengarah ke tindakan saat ini. Semua anggota organisasi harus memahami perbedaan antara visi dan misi, sehingga dapat bekerja sama efektif dalam mencapai tujuan organisasi.