Postingan

Branded Adalah, Ini dia Penjelasannya

branded adalah produk bermerek. Namun, tidak semua produk bermerek dapat disebut branded karena merek dan brand memiliki perbedaan

Apakah Anda pernah memperhatikan selebritis atau influencer yang menggunakan fashion item dengan logo Balenciaga, YSL (Yves Saint Laurent), Gucci, dan lain-lain? Barang-barang mewah tersebut terkenal sebagai produk branded, tapi apa sebenarnya arti dari kata "branded"? Mengapa ketika melihat seseorang menggunakan barang branded kita langsung dapat menilai strata sosialnya? Faktanya, hanya sedikit orang yang mampu membayar tas atau jam tangan seharga villa mewah.

Pengertian Branded

Pengertian Branded | Branded Adalah

Dari segi bahasa, branded adalah produk bermerek. Namun, tidak semua produk bermerek dapat disebut branded karena merek dan brand memiliki perbedaan. Perbedaan antara brand dan merek terletak pada kesan yang ditangkap oleh masyarakat terhadap suatu brand.

Brand merujuk pada persepsi orang tentang produk, perusahaan, dan layanan ketika merek tersebut disebutkan. Sementara itu, merek hanya mencakup identitas produk itu sendiri.

Sebagai contoh, ketika ada orang yang menyebut Starbucks, selain minuman kopi, biasanya orang akan memikirkan kata-kata seperti "mahal", "eksklusif", dan "berkelas". Inilah yang berkaitan erat dengan brand, bukan sekadar mereknya saja. Starbucks berhasil menciptakan citra bahwa pelanggan mereka (secara tidak langsung) memiliki status sosial yang lebih tinggi.

Selain merek luar negeri, Indonesia juga memiliki merek asli yang populer dan sering dianggap sebagai branded. Beberapa merek, seperti Buccheri untuk alas kaki, Terry Palmer untuk handuk, dan Brodo untuk fesyen, bahkan dianggap sebagai merek impor oleh sebagian masyarakat karena namanya terkesan asing.

Apa yang membuat suatu produk itu bermerek?

Ada beberapa karakteristik yang membuat suatu produk masuk dalam kategori branded daripada dengan produk sejenis lainnya. Salah satunya adalah timbulnya opini publik bahwa merek tertentu hanya diperuntukkan bagi target pasar tertentu, seperti produk fashion kelas dunia yang hanya dapat dibeli oleh kalangan atas seperti selebritis, konglomerat, sosialita, pengusaha, dan sejenisnya. Produk bermerek juga menerapkan strategi pemasaran yang eksklusif dan kerap melibatkan nama-nama terkenal untuk mempromosikan merek tersebut.

Selain itu, produk branded seringkali diproduksi secara terbatas atau hanya tersedia di lokasi dan momen tertentu untuk meningkatkan minat konsumen dan kolektor. Produk tersebut biasanya memiliki spesifikasi tinggi, menggunakan bahan baku nomor satu, dan proses produksinya seluruhnya dilakukan dengan tangan sehingga tampak rapi, elegan, dan detail-detail cantiknya semakin menonjol. Harga produk bermerek bisa sangat mahal karena jumlah stoknya sedikit dan permintaannya tinggi.

Usia merek juga berperan penting dalam penunjang merek menjadi branded. Merek yang telah lama hadir di industri tertentu dan membuktikan pengalamannya dalam bidang tersebut akan lebih dihargai. Sebagai langkah awal untuk mengembangkan merek yang ingin dijadikan sebagai branded, perlu membangun brand positioning yang kuat dengan strategi marketing yang tepat.

Apakah Anda memiliki pendapat atau penjelasan yang berbeda tentang definisi branded? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar!